English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jenis bisnis TIK dalam bidang E-commerce

Jenis bisnis dalam bidang TIK mempunyai cakupan yang luas, misalnya E-commerce.  E-commerce adalah suatu kegiatan jual beli yang dilakukan dalam dunia online.  Jenis E-commerce dapat dibagi  menjadi dua jenis, yaitu  Business to Business  (B2B) dan  Business to Consumer  (B2C).  Kedua jenis E-Commerce ini memiliki karakteristik yang berbeda. 
            Business to Business E-Commerce  memiliki karakteristik:
●  Trading partners  yang sudah  diketahui  dan umumnya memiliki hubungan (relationship) yang cukup lama. Informasi hanya dipertukarkan dengan partner tersebut. Dikarenakan sudah mengenal lawan komunikasi, maka jenis informasi yang dikirimkan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan (trust).
●  Pertukaran data (data exchange)  berlangsung berulang-ulang dan secara  berkala, misalnya setiap hari, dengan format data yang sudah disepakati bersama. Dengan kata lain, servis yang  digunakan sudah tertentu. Hal ini memudahkan pertukaran data untuk dua entiti yang menggunakan standar yang sama.
●  Salah satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan data, tidak harus menunggu parternya.
●  Model yang umum digunakan adalah  peer-to peer, dimana  processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.

Business to Consumer E-Commerce  memiliki karakteristik  sebagai berikut:    
● Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum.
●  Servis yang diberikan  bersifat umum (generic) dengan  mekanisme yang dapat digunakan  oleh khalayak ramai. Sebagai  contoh, karena sistem Web sudah umum digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis Web.
●  Servis diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Konsumen melakukan inisiatif dan produsen harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
●  Pendekatan client/server sering digunakan dimana diambil asumsi client (consumer) menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan  processing  (business procedure) diletakkan di sisi server.

0 komentar: